WASPADA, MODUS PENIPUAN DENGAN SURAT UNDANGAN BADAN AKREDITASI NASIONAL (BAN)


     Bapak/Ibu Guru – khususnya para Kepala Sekolah – agar lebih waspada terhadap berbagai modus penipuan. Salah satunya adalah suatu hari sekolah mendapat fax dari BAN SM lengkap dengan kepala surat dan logonya. Inti surat itu adalah BAN – S/M mengundang Kepala Sekolah atau mengutus wakilnya untuk mengikuti kegiatan Bimtek tentang akreditasi sekolah. Di surat itu yang akan mengikuti diminta langsung mendaftar ke seseorang dan lengkap dengan nomor teleponnya. Melalui telepon ini kita akan mendapat informasi berkaitan dengan kegiatan dan dana atau akomodasi. Dana akan dikirim melalui rekening sebelum Bimtek dilaksanakan. Kita diminta nomor rekening dan kita pun diberi tahu nomor registrasi online Bank Indonesia segala, menurutnya dalam tempo 2 menit uang akan ditransfer ke rekening kita. Setelah itu, kita diminta mengecek ke ATM (kok tidak ke bank?). Setelah kita sampai di ATM sekilas di sana kita seakan dipandu bagaimana cara Bank Indonesia menranfer dana ke rekening kita, padahal tanpa disadari kita diajari bagaimana menransfer dana kita ke rekening orang lain. Luar biasa. Contoh surat undangan dari BAN itu dapat diunduh di sini. Semoga bermanfaat.

Teriring salam,

Tentang mgmpbindsmpdki

Lembaran Komunikasi Komunitas Guru Bahasa Indonesia
Pos ini dipublikasikan di INFORMASI MGMP. Tandai permalink.

5 Balasan ke WASPADA, MODUS PENIPUAN DENGAN SURAT UNDANGAN BADAN AKREDITASI NASIONAL (BAN)

  1. santiyo berkata:

    para anggota MGMP tersayang
    biasakanlah menonton televisi yang sudah buluq dan jadul tapi tayangan sinetron yang memabukkan mata diganti dengan menengok dunia maya seperti web MGMP
    baca sebarkan informasi, beri masukan dan kirimkan ke MGMP bahasa Indonesia

    saya selaku ketua ingin melihat berapa banyak teman mengunjungi web ini

  2. Terimakasih… setelah saya baca informasi tersebut diatas, maka saya Dr.H.Tamtomo Utamapati,M.Pd selaku Kepala Sekolah di Taman Pendidikan Ta’miriyah, jalan Indrapura 2 Surabaya, yang semula akan ditipu akhirnya tidak jadi kena tipu. Berawal dari Kepala tata Usaha tempat saya bekerja yang dapat telepon dari Jakarta ( Badan Akreditasi Nasional ) yang selanjutnya sekolah diminta buka fax nya. Setelah saya baca fax tersebut saya tertarik karena biaya transportasi dan akomodasi dapat bantuan dari BAN berkenaan akreditasi On Line.Saya coba konfirmasi pada orang yang memberikan informasinya antara nama yang di fax dan no hp yang hubungi berbeda jauh ( saya mulai curiga ), terlebih lagi dia minta no rek pribadi yang agak memaksa maka kecurigaan saya tentang modus penipuan semakin menggelembung. Perlu diketahui saya akan dapat kucuran dana Rp 15.000.000,00 untuk fasilitas transportasi Sby – JKt pp dan fasilitas menginap di Hotel Mercure selama 2 hari, asal segera memberikan nomor rekening pribadi. Lihainya dia melarang membawa Lap Top, karena nanti di Jakarta akan dapat Lap Top.Artinya bagi orang yang terburu – buru pasti gak sempat buka lap top. Ini peringatan bagi kita semua untuk tidak gampang menerima kebahagian sesaat yang bisa terbius kalau tidak hati – hati. Wahai para penipu sadarlah akan perbuatanmu.Yakinlah Hari akhir itu pasti ada. Harus ada pertanggung jawaban di akhirat kelak. Bagaimana kalau hal itu terjadi pada keluargamu ?.T erimakasi BAN ( yang asli ), nomor telepon BAN yang palsu selalu berubah, juga waktu pelaksanaan akreditasi on line juga berubah.

  3. muhammad berkata:

    terimaksih pak atas saran dan masukanya, karena sangat bermanfaat bagi kami

  4. min kaimana berkata:

    kami dari Satker MIn Kampung Baru Kaimana baru saja mendapat email berupa undangan bimtek “pelaksanaan akreditasi secara online tahun 2016”.
    setelah kami telusuri gerak gerik dari sang penipu ternyata aneh.
    maka dari itu kami putuskan untuk mengunjungi web ini. nah, ternyata benar sang penipu.

    sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas informasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s